Senin, 21 Juli 2014


PASASI,,Apa itu pasasi...?

Sebuah kalimat yang mugkin terdengar awam bagi telinga anda yang tidak terlalu menikmati dan menyenangi dunia penerbangan.

Apa sich PASASI itu dan siapakah sebenarnya mereka...?

Selalu ada dan harus ada di setiap penerbangan, karena merekalah yang memproses semua kegiatan penerbangan diluar pengelola bandara dan perusahaan.
pasasi sendiri dapat diartikan sebagai ground handling yaitu staff2 yang ada di airport yang memproses mulai dari pembelian tiket, pencetakan boarding pass, absensi dalam ruang tunggu, pengaturan beban bagasi, penataletakan bagasi dalam pesawat, penangaanan masalah ketika pesawat itu mengalami delay. Dalam artian luas front liner sebuah maskapai penerbangan atau lebih dikenal sebagai ujung tombak majunya sebuah perusahaan penerbangan.

Bagi sebagian besar masyarakat yang biasa melakukan perjalanan melalui dan menggunakan fasilitas transportasi udara mungkin biasa dan terbiasa dengan pasasi namun tidak sadar bahwa mereka adalah pasasi.

Di semua airport kita selalu berhubungan dengan mereka (pasasi), dan selalu berhadapan langsung dengan mereka.

Dalam setiap perusahaan penerbangan memiliki pasasi yang di tempatkan dalam beberapa departemen yang menangani bidangnya masing2 dan saling mengisi sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat yang menggunakan transportasi udara.

Departemen yang oleh PASASI



Tapi yang saya tahu sih Pasasi itu seperti passenger handling gitu lah, kira-kira ngurusi penumpang mulai saat booking sampai
nutup pintu(yang nutup orang maintenance sih) pesawat saat mau push back.
intinya booking, ticketing,handle pax problem,dll

pasasi salah satu departemen/bagian yang ngurusin pax.tugasnya yaitu salah satunya melakukan kegiatan check in.Yang ngantar penumpang greeting service,yang melakukan transaksi tiketing..tiketing staff,yang membantu pax kalau ada problem di airport customer service..


PASASI : Dapat juga di artikan kedalam bahasa indonesia yang mana artinya adalah PANDAI BASA BASI

Siapakah mereka ini di bandara....?? ya yang bisa anda lihat langsung ya petugas check-in counter yang bikinin boarding pass anda, dan yang kumpulin sobekan boarding pass anda di boarding gate ketika anda menuju ke pesawat

Namun gak hanya itu saja kerjaan mereka, di balik layar mereka juga yang membuat pax manifest anda, juga membuat Gendec (General Declaration) untuk aircrew penerbangan international dan ini berhubungan dengan imigrasi. Lalu ada juga yang di bagian Lost & Found, mereka ini yang berada di Terminal Kedatangan (arrival) dan menangani bagasi yang hilang/nyasar dsb...

Nah mereka inilah yang bekerja untuk kelancaran transportasi udara, menghindari terjadinya delay akibat penumpang yang tak teratur, dan menghindari kasus2 seperti penumpang salah pesawat, salah jurusan, tertinggal dsb...

Dan mereka ini juga salah satu frontliner di dunia airline, yaitu pegawai yang berhubungan langsung dengan penumpang. Jadi sudah menjadi hal biasa kalo mereka disemprot penumpang kalo pesawat dah delay. 

PASASI TERDIRI DARI :

  • UNTUK FRONT LINER TERDIRI DARI :
  1. CHECK IN COUNTER
  2. HELP DESK
  3. CUSTOMER SERVICE
  4. MARSSAL
  • UNTUK BACK LINER
  1. BOARDING GATE
  2. CORRIDOR
  3. LOAST & FOUND
  4. TAG COLLECTOR
  5. GENDEC MAKER
  6. TRANSFER DESK